Objectives
Setelah menyelesaikan bab ini, anda diharapkan dapat:
• Mengerti tentang algoritma.
• Membuat algoritma dari suatu permasalahan.
• Mengerti tentang flowchart.
• Membuat flowchart dari suatu permasalahan.
Tahapan Pembuatan Program
• Mengerti permasalahan yang akan diselesaikan.
- Input layout• Menganalisa penyelesaian masalah.
- Proses-proses
- Output layout
• Membuat algoritma dan flowchart.
• Menulis program.
• Melakukan testing program selesai.
• Membuat dokumentasi
Algoritma
• Adalah inti dari ilmu komputer.
• Algoritma adalah gambaran langkah-langkah dari penyelesaian suatu masalah.
• Problem = langkah-langkah penyelesaian.
• Algoritma adalah blueprint dari program.
• Sebaiknya disusun sebelum membuat program.
• Kriteria suatu algoritma:
- Complete
- Precise
- Finite
Soal 1:
Menghitung luas lingkaran dengan masukan berupa R
petunjuk: Luas Lingkaran dapat dihitung
dengan rumus :
Jawab:
1. Tentukan kostanta phi = 3.14
2. Masukkan R
3. Hitung Luas Lingkaran
4. cetak Luas Lingkaran
Soal 2:
Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau genap
Jawab:
???
Soal 3:
Menjumlahkan n buah data, tetapi yang dijumlahkan hanya data ganjil
Jawab:
???
Flowchart
• Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah.
• Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma.
• Ada 2 macam Flowchart :
- System Flowchart => urutan proses dalam system dengan menunjukkan alat media input, output serta jenis media penyimpanan dalam proses pengolahan data.
- Program Flowchart => urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.
Contoh System Flowchart
Contoh Program Flowchart
Simbol-simbol Flowchart :
- Flow Direction Symbols (Simbol penghubung alur)
- Processing Symbols (Simbol proses).
- Input-output Symbols (Simbol input- output)
Flow Direction Symbols
Processing Symbols
Processing Symbols – cont.
Input-output Symbols
Input-output Symbols – cont.
Pembuatan Flowchart
- Tidak ada kaidah yang baku.
- Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah => Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrogramdengan pemrogram lainnya.
- Secara garis besar ada 3 bagian utama:
- Input
- Proses
- Output
Pembuatan Flowchart – cont.
- Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat.
- Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
- Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.
Contoh Flowchart
Exercise
Buatlah flowchart untuk algoritma 1, 2 dan 3
(source: blog.its.ac.id/zainal)
Berikut adalah data asli dari Pak Zainal :
Algoritma dan Flowchart .pdf
Dan berikut adalah Deskripsi Mata Kuliah Dasar Pemrograman :
MTE414-dasar.pemrog.komputer.pdf
MTE415-prak.dasar.pemrog.pdf
0 komentar:
Posting Komentar