Selasa, 02 Februari 2010

Materi Kuliah Dasar Pemrograman (2-2-10)

0 komentar
Algoritma dan Flowchart


Objectives

Setelah menyelesaikan bab ini, anda diharapkan dapat:
• Mengerti tentang algoritma.
• Membuat algoritma dari suatu permasalahan.
• Mengerti tentang flowchart.
• Membuat flowchart dari suatu permasalahan.



Tahapan Pembuatan Program

• Mengerti permasalahan yang akan diselesaikan.
- Input layout
- Proses-proses
- Output layout
• Menganalisa penyelesaian masalah.
• Membuat algoritma dan flowchart.
• Menulis program.
• Melakukan testing program selesai.
• Membuat dokumentasi



Algoritma

• Adalah inti dari ilmu komputer.
• Algoritma adalah gambaran langkah-langkah dari penyelesaian suatu masalah.
• Problem = langkah-langkah penyelesaian.
• Algoritma adalah blueprint dari program.
• Sebaiknya disusun sebelum membuat program.
• Kriteria suatu algoritma:
- Complete
- Precise
- Finite



Soal 1:
Menghitung luas lingkaran dengan masukan berupa R
petunjuk: Luas Lingkaran dapat dihitung

dengan rumus :





Jawab:
1. Tentukan kostanta phi = 3.14
2. Masukkan R
3. Hitung Luas Lingkaran
4. cetak Luas Lingkaran


Soal 2:

Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau genap


Jawab:
???



Soal 3:
Menjumlahkan n buah data, tetapi yang dijumlahkan hanya data ganjil


Jawab:
???



Flowchart

• Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah.
• Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma.
• Ada 2 macam Flowchart :
  • System Flowchart => urutan proses dalam system dengan menunjukkan alat media input, output serta jenis media penyimpanan dalam proses pengolahan data.
  • Program Flowchart => urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.

Contoh System Flowchart



Contoh Program Flowchart



Simbol-simbol Flowchart :
  • Flow Direction Symbols (Simbol penghubung alur)
  • Processing Symbols (Simbol proses).
  • Input-output Symbols (Simbol input- output)


Flow Direction Symbols





Processing Symbols




Processing Symbols – cont.




Input-output Symbols




Input-output Symbols – cont.




Pembuatan Flowchart
  • Tidak ada kaidah yang baku.
  • Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah => Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrogramdengan pemrogram lainnya.
  • Secara garis besar ada 3 bagian utama:
  • Input
  • Proses
  • Output


Pembuatan Flowchart – cont.
  • Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat.
  • Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
  • Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.

Contoh Flowchart





Exercise

Buatlah flowchart untuk algoritma 1, 2 dan 3




(source: blog.its.ac.id/zainal)


Berikut adalah data asli dari Pak Zainal :
Algoritma dan Flowchart .pdf

Dan berikut adalah Deskripsi Mata Kuliah Dasar Pemrograman :
MTE414-dasar.pemrog.komputer.pdf
MTE415-prak.dasar.pemrog.pdf

Sudah membaca yang di bawah ini ?



0 komentar:

Posting Komentar